Nuni's Blog

Sesungguhnya manusia bisa merubah kehidupan mereka dengan merubah cara berpikir mereka

Perkenalan Perbankan Syariah Desember 1, 2009

Filed under: Dunia Ekonomi — nuninurwidya @ 5:54 pm

Perbankan Syariah

Perbankan syariah adalah salah satu sektor perbankan yang berkembang sangat cepat saat ini di Indonesia. Perkembangan perbankan syariah sendiri diiringi dengan perkembangan perekonomian sebuah Negara dimana perbankan syariah itu berada. Bila perkembangan perekonomian di suatu negara baik, maka sektor perbankan syariah juga akan mengalami penigkatan yang baik. Hal ini dikarenakan perbankan syariah memfokuskan kegiatan perbankannya pada perekonomian domestik. Sistem perbankan syariah dan perbankan konvensional secara sinergis mendukung mobilisasi dana masyarakat secara lebih luas untuk meningkatkan kemampuan pembiayaan bagi sektor-sektor perekonomian nasional.

Lebih jelasnya lagi, pengertian dari Perbankan syariah atau Perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah (hukum) islam. Usaha pembentukan sistem ini didasari oleh larangan dalam agama Islam untuk memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut dengan riba serta larangan investasi untuk usaha-usaha yang dikategorikan haram (misal: usaha yang berkaitan dengan produksi makanan/minuman haram, usaha media yang tidak islami dll), dimana hal ini tidak dapat dijamin oleh sistem perbankan konvensional.

Dengan Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang diberlakukan sejak tanggal 16 Juli 2008, maka pengembangan industri perbankan syariah nasional semakin memiliki landasan hukum yang memadai dan akan mendorong pertumbuhannya secara lebih cepat lagi. Dengan progres perkembangannya yang impresif, yang mencapai rata-rata pertumbuhan aset lebih dari 65% pertahun dalam lima tahun terakhir, maka diharapkan peran industri perbankan syariah dalam mendukung perekonomian nasional akan semakin signifikan.

Perbankan syariah dalam menjalankan operasional keuangannya hampir serupa dengan bank konvensional, akan tetapi sangat BERBEDA dalam hal pembagian hasilnya. Bank syariah tidak menjanjikan nasabahnya untuk menerima bunga atas penyimpanan uangnya pada bank syariah. Namun, jika diakhir tahun bank syariah tersebut mendapatkan keuntungan, maka nasabah juga akan memperoleh bagi hasil atas keuntungan yang diperoleh bank syariah tersebut. (*** Nuni/ EPI 08)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s