Nuni's Blog

Sesungguhnya manusia bisa merubah kehidupan mereka dengan merubah cara berpikir mereka

Pengembangan SDM Syariah Perlu Langkah Konkrit November 2, 2009

Filed under: Dunia Ekonomi — nuninurwidya @ 10:02 pm

Industri perbankan syariah yang terus berkembang menuntut kehadiran SDM berkualitas untuk mengelola industri nonribawi ini. Namun hingga kini permasalahan SDM masih menggelayuti industri perbankan syariah karena kurangnya pasokan SDM berkualitas siap pakai.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah, Muliaman D Hadad mengatakan aset perbankan syariah yang terus tumbuh besar jika didukung SDM yang kurang maka akan berisiko karenanya diperlukan SDM berbasis kompetensi yang benar-benar memahami ekonomi syariah. Muliaman mengakui minat untuk mendalami ekonomi syariah luar biasa.

Saat inipun ada lebih dari 100 universitas yang menawarkan ekonomi syariah. “Namun untuk menciptakan SDM berkualitas ini harus dilakukan bersama-sama dan bersinergi baik dari pelaku, perguruan tinggi dan masyarakat,” kata Muliaman saat seminar MES, Rabu (21/10).

Dalam memenuhi kebutuhan SDM sesuai dengan keinginan industri, tambahnya, diperlukan juga link and match dengan kurikulum yang disediakan di perguruan tinggi. Muliaman mengungkapkan mungkin ada langkah konkrit yang dapat dilakukan bersama. “Misalnya dengan membuat lembaga yang mengorganisir membentuk talent pool beberapa fresh graduate, lalu diidentifikasi dilanjutkan dengan pelatihan. Ini kesempatan luar biasa untuk penuhi kebutuhan-kebutuhan industri,” papar Muliaman.

Dalam pengembangan SDM ini harus lebih konkrit, sehingga juga bisa mengatasi pembajakan SDM antar perbankan syariah. Ia menambahkan jika melakukan hijack SDM bagi industri perbankan syariah pun tidak akan maju, karenanya jika bisa perbankan syariah hendaknya dapat menciptakan SDM sepenuhnya.

Muliaman yang juga merupakan Deputi Gubernur BI mengatakan dari kacamata BI adalah bagaimana pihaknya bisa memfasilitasi pengembangan SDM perbankan syariah secara cepat seperti bank-bank umum. “BI sudah memiliki guideline bahwa untuk pengembangan SDM perbankan harus menyisihkan biaya. Dengan adanya pemantauan seperti itu perkembangan SDM bisa berjalan baik,” kata Muliaman.

Selain membuat peraturan, BI juga memfasilitasi pertemuan penggiat ekonomi syariah sehingga pelaku bisa saling tukar informasi. Dengan demikian diharapkan bisa match antara kebutuhan industri dan fresh graduate ekonomi syariah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s