Nuni's Blog

Sesungguhnya manusia bisa merubah kehidupan mereka dengan merubah cara berpikir mereka

BI Rangkul LPPI Atasi Masalah SDM Perbankan Syariah November 2, 2009

Filed under: Dunia Ekonomi — nuninurwidya @ 9:54 pm

Bank Indonesia (BI) akan mengandeng Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dalam rangka mengatasi seretnya pasokan sumber daya manusia perbankan syariah di tanah air. Skemanya akan ada subsidi pemberian bantuan bagi pelatihan para SDM bank syariah.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia Ramzi A Zuhdi ditemui di kantornya, Jumat (7/8/2009).

“Kita akan kerjasama dengan LPPI (Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia), dengan memberikan subsidi, jadi mereka hanya membayar 50% (untuk pelatihan),” katanya.

Ia mengakui saat ini masalah SDM perbankan syariah ke depannya perlu ada terobosan, sehingga bisa menopang pertumbuhan bank syariah.

“Saat ini banyak bank baru, jadi ada iming-iming yang lebih tinggi, seperti bajak-bajakan, supply-nya lebih kecil dari demand,” ujarnya.

Mengenai perkembangan perbankan syariah, ia optimis akan tetap tumbuh sesuai target 30%. Total aset sampai Juni 2009 bank syariah dan UUS hampir mencapai Rp 60 triliun, Sehingga ia yakin sampai akhir tahun 2009 bisa tercapai Rp 65-70 triliun. Kondisi ini kata dia lebih baik dari perkiraan karena sebelumnya ada dampak krisis global.

“Bank Muamalat sampai sekarang Rp 17-18 triliun padahal awal tahun Rp 12 triliun,” ucapnya.

Ia mengatakan saat ini tempat menaruh DPK makin banyak pilihan, misalnya sukuk saja sekitar 12% yield-nya sebelum pajak, sedangkan BI Rate di bawah 7%. Sehingga persaingan tersebut tidak bisa dihindari.

Ramzi juga berharap perbankan yang sudah berencana membentuk syariah bisa masuk pada tahun 2010, sehingga harapannya ada pertumbuhan tinggi terjadi pada 2010.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s